Mau dapet tiket murah? Ini tipsnya!


Kebayang gak kalo kamu bisa pulang pergi naik pesawat ke Bali cuma membayar Rp150 ribu saja? Atau ke Singapura dengan Rp500 ribu saja? Saya sudah berkali-kali membuktikannya loh!

Umumnya, waktu terbaik berburu tiket promo ialah akhir tahun. Destinasi yang dipromosikan pun beragam, dari domestik sampai internasional. Harganya pun bisa mengejutkan, kadang mulai dari Rp50 ribu sekali jalan. Wooooww!!

Bagaimana caranya agar bisa dapat tiket murah?

Perhatikan beberapa hal berikut ini saat berburu tiket murah.

1. Masa promo dan periode keberangkatan

Biasanya promo tiket murah dibuka dalam jangka waktu tak lama, sekitar  1 – 2 minggu saja. Lalu umumnya, periode keberangkatan yang ditawarkan sampai dengan 6 bulan ke depan. Jadi sebetulnya memberikan kita banyak waktu untuk berencana.

Karena waktu yang singkat ini, maka sebaiknya kita cepat mendapatkan informasi terbaru. Misalnya, selalu mengikuti update promo melalui akun media sosial maskapai penerbangan. Begitu kita dapat info, langsung deh berburu. Namanya juga dulu-duluan sama pembeli lain, jadi siapa cepat, dia dapat.

2. Destinasi

Sebaiknya, kita sudah mengantungi destinasi impian sehingga akan memudahkan perburuan.  Siapkan minimal dua destinasi yang akan kita targetkan. Hal ini memudahkan pencarian bila salah satu destinasi tidak tersedia. Destinasi yang dipromosikan bisa domestik atau bahkan internasional. Tapi kadang-kadang, tak semua destinasi dibandrol harga promo. Maka dari itu, cermatlah!

3. Perhatikan bahasa promosi

Dalam musim promo tiket murah, setiap perusahaan penerbangan memakai bahasa promo yang berbeda. Misalnya,  free seat, kursi Rp0,  dan buy 1 get 1.  Pelajari dan pahami masing-masing isi promo.

Tiket Rp0 bukan berarti betul-betul gratis, sebab ada komponen pajak dan airport tax yang harus tetap dibayarkan. Hal ini harus kita pahami, supaya tidak langsung beranggapan bahwa itu betul-betul gratis dan tidak merasa kecewa setelahnya.

4. Perhatikan tanggal keberangkatan

Untuk mendapatkan tiket promo murah meriah, sebaiknya kita memang memilih tanggal yang tidak biasa. Alias menghindari tanggal-tanggal peak season, long weekend atau masa liburan sekolah. Sebab biasanya, orang langsung memilih tanggal-tanggal liburan ketika melakukan pencarian. Hal ini membuat tanggal-tanggal tersebut cepat habis kuotanya.

Satu yang harus kita ingat, harga tiket promo dibatasi oleh kuota. Jadi setelah kuota tercapai, maka tiket promo ditanggal tersebut tidak akan tersedia lagi.

Saran saya, siapkan setidaknya 2 alternatif tanggal keberangkatan. Sebaiknya pula menghindari tanggal akhir pekan. Keberangkatan di tengah minggu punya kans lebih besar.

5. Menyiapkan data dokumen perjalanan

Beberapa situs perusahaan penerbangan membuka promo tiket murah hanya dari pemesanan online. Beberapa malah membutuhkan keanggotaan. Nah enggak ada salahnya punya keanggotaaan di situs-situs tersebut lho.

Selain akan mempermudah proses perburuan tiket murah, di dalam situs pun kita bisa memasukan data dokumen yang diperlukan, seperti nomor KTP atau nomor paspor. Jadi gak ribet cari-cari nomor KTP atau Paspor ketika ingin berburu tiket promo. Hal ini juga akan mempersingkat proses perburuan tiket murah. Ingat…siapa cepat, dia dapat!!

Itulah 5 tips dapat tiket murah ala saya. Memang, tidak semua orang berhasil dengan mudah mendapatkan tiket promo murah meriah. Ya, namanya juga usaha. Tapi kenapa nggak dicoba?

Dengan bersabar, persiapan dan perencanaan yang baik, kita bisa kok menghemat biaya perjalanan dengan membeli tiket murah meriah. Selamat berburu tiket murah dan sampai bertemu di destinasi selanjutnya.

* as featured at Wego Indonesia Travel Editor’s Desk: Mau dapet tiket murah? Ini tipsnya!

Advertisements