#FinFunTrip Mid-summer Weekend


Midsummer Celebration

pada 21 Juni 2013, kebanyakan warga Eropa merayakan summer solstice atau midsummer. iya…ini pertengahan musim panas. jadi mereka merayakan hari dimana matahari sangat hangat. maklum…beberapa bagian Eropa merasakan musim dingin yang teramat gelap dan lembab. jadi pada musim panas kegembiraan melanda mereka dan tentu harus dirayakan.

di Finland, hari ini dinamanya Juhannus yang diambil dari nama santo John Baptist. pada hari Juhannus biasanya perkantoran akan libur. ini semacam libur nasional disana. sekolah juga pada libur. eh…tapi emang udah libur dari sananya sih. karena biasanya anak sekolah emang libur belajar selama musim panas.

nah…kebiasaan orang Finland pada Juhannus adalah party. bersama keluarga atau dengan rekan-rekan. kebanyakan juga pergi ke summer cottage di luar kota. Helsinki relatif sepi ketika Juhannus. pada 21 Juni itu jatuhnya hari Jumat. jadi semacam long wiken untuk orang Helsinki. karena kebanyakan juga tidak bekerja pada hari Sabtu.

saya berpartisipasi merayakan Juhannus di apartemen bersama Amy, Max, Joni, Jari, Heidi, Henry dan Heidi. kami barbeque-an, minum wine dan seru-seruan. seharian. hahahaha…..

pada jelang malamnya kami melihat keramaian dari pulau sebrang yang mulai menyalakan api unggun. iya…menyalakan api unggun adalah salah satu tradisi di hari Juhannus. kalau di Seurasaari, selain api unggun juga ada tarian tradisional.

iya…saya belum pernah liat dan gak sempat liat juga. tapi tak apa lah.

kami lalu sempat keluar apartemen juga. ke daerah Kaivopuisto, dekat Cafe Ursula, melihat penyalaan api unggun disana. Jam 10 malam dan rasanya masih jam 6 sore. masih terang. dan api unggun menambah kehangatan diantara para sahabat diantara dinginnya sepoi angin Helsinki itu.

dari sana, kami jalan kaki bersama sampai ketemu satu bar. duduk bersama lagi. minum wine lagi dan merayakan kehangatan midsummer.

yang seru…ternyata malam itu kami bertemu dengan Andy McCoy. hmm…gw sih awalnya gak tau dia siapa. tapi ternyata dia ada di wikipedia. hahaha….ini Andy McCoy. ternyata dia adalah veteran musik rock n roll asal Finland. ibaratnya kalo di Indonesia mungkin ketemu Ahmad Albar gitu di bar. hahahaha…..

kata Henry, kalau anak-anak Foo Fighters atau Guns N Roses lagi maen ke Finland, mereka pasti sempatkan waktu untuk sowan dengan si empu ini. segitu lumayan terhormatnya Andy di kancah musik rock n roll.

dan bener aja…malam itu, dengan dandanan yang lebih mirip rastaman ketimbang rock n roll, Andy dengan gitarnya pun menghibur kami. melantunkan beberapa lagu di meja kami. sampai tamu lain ikut ngerubung. sayangnya Andy sedang mabuk berat juga, jadi sangat sensitif. dan dia hanya mau main untuk grup kami, bukan orang lain.

kami pun berada di bar itu sampai tutup. lalu mengucap selamat berpisah pada Andy dan malam Juhannus yang rock n roll itu :D.

Juhannus celebration in an island across

Juhannus celebration in an island across

Juhannus Bonfire

Juhannus Bonfire

Summer cottage in Hameenlinna

meski masih sangat lelah karena pesta Juhannus semalaman, kami tetap harus bersiap jalan lagi. long wiken itu, saya, Amy & Max akan ke Hameenlinna dan menginap di summer cottage Mira. Mira itu sepupu Max dan saya mengenalnya ketika wedding wiken di Bali juga. sungguh…terhormat sekali saya juga diundang ke acara yang sebetulnya termasuk acara keluarganya.

kami berangkat dari Helsinki sudah sangat sore. karena begitu sulit mengangkat pantat dan bergerak seharian. perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. lewat jalan tol yang tidak pake bayar dan mulus bagai pantat bayi. hahahaha…enaknya tinggal di negara maju ya. meski kalau dipikir bayar pajaknya bikin hati miris, tapi toh hasilnya sangat terasa dinikmati.

kami sampai sekitar jam 9 malam. bertemu dengan keluarga Mira dan kawan-kawan dekatnya. lalu sekali lagi barbeque-an dan ngobrol santai.

nah…ada kebiasaan orang Finland yang unik ketika berada di summer cottage. biasanya mereka akan masuk sauna bersama-sama. lalu bersama-sama keluar dari sauna setelah hangat dan mencelupkan seluruh tubuh mereka di air danau. iya…danau yang dingin. hahahaha…..

maka, malam itu saya pun mencobanya. saya, Amy & Max masuk sauna. setelah hangat, kami nyebur ke danau. brrrr…..dingin ternyata tidak terasa segitunya. saya berendam 2 menit di air danau dingin dibawah cahaya supermoon. iya… saya tadinya sudah bersiap untuk berteriak kalau dingin. tapi ini sebuah pengalaman yang menarik. Max bilang waktu kecil dia malah sampai berenang ke tengah danau lalu kembali lagi ke tepian. hahaha…..ya beda kali ya tebak kulitnya.

malam itu setelah segar, kami pun duduk bersama dan mengobrol sampai lewat tengah malam. kehangatan persahabatan, kehangatan keluarga sangat terasa. kita selalu mikir orang Barat itu cuekan, tidak kekeluargaan, tidak hangat. well…budaya mereka memang sedikit lebih individual. tapi individual disini maksudnya lebih menghargai tiap orang sebagai individu. dan sungguh…mereka sama seperti kita. begitu hangat dan kekeluargaan. dan semua sangat terasa indah di malam mid-summer itu.

paginya saya terbangun dengan segar. well…gak segar banget sih, tapi suasana yang asik di summer cottage bikin semua jadi segar. kami sempat berburu strawberry liar di hutan kecil dekat cottage. iya…segala macam buat berry akan tumbuh secara alami di musim panas. dan kita bisa memetiknya sepuas hati. strawberry yang liar rasanya jauh lebih enak. semacam permen manis.

setelah itu kami sempat jalan-jalan melihat beberapa cottage lain di sekitar situ. semua dengan pemandangan langsung ke danau. tentu, ada banyak hal lagi yang bisa dilakukan ketika berada di summer cottage. dari main canoe, main perahu, mancing sampai ski air. hmm….menarik ya.

sayangnya saya tak punya banyak waktu untuk melakukan apa pun. karena pagi itu, saya, Amy & Max harus melanjutkan perjalanan ke Turku. kami akan berangkat ke Stockholm dengan kapal pesiar Viking Line yang berangkat dari Turku.

well..another European country to see. Sweden.

jadi….sebelum siang menjelang, kami bertiga berpamitan kepada Mira dan keluarga.

terima kasih sudah mengundang saya, Mira 🙂

This slideshow requires JavaScript.

*to be continued

Advertisements