#FinFunTrip Nature Adventure in Finland


summer atau musim panas adalah saat yang tepat menikmati keindahan alam Finlandia. ya kalo musim dingin bisa liat apa selain salju tebal dan es dimana-mana.

di musim panas, kita bisa melihat bunga warna-warna disana sini, pohon-pohon lebat nan menghijau. juga tidak ketinggalan buah-buahan liar seperti strawberry, raspberry, blackberry atau blueberry yang bisa sepuasnya kita petik bila berada di lokasi umum. hmm….asik ya?!

musim panas juga saat yang tepat untuk keluar rumah dan kembali ke alam. orang Finlandia senang berada di luar rumah untuk trekking, bersepeda atau berolahraga.

berikut cerita beberapa tempat outdoor yang saya kunjungi selama berada di Finlandia.

Lammasaari

suatu siang saya dan Amy bertemu dengan Veera, kami sama-sama bridesmaid di pernikahan Amy tahun lalu. setelah temu kangen, Veera mengajak saya ke Lammasaari. saya ikut saja, meski ternyata di tengah jalan kami dihadang oleh hujan yang tetiba mengguyur dan menyebabkan basah kuyup.

lokasinya tidak jauh dari tengah kota Helsinki. sekali naik tram saja sih. ke daerah yang namanya Arabia. well…gak ngerti juga kenapa namanya Arabia. tapi yang jelas, di daerah ini ada factory outlet dan pabrik dari peralatan makan dari gelas bernama ittala. ittala ini merk yang digunakan oleh restoran dan hotel-hotel lho. karena kualitasnya yang ok banget.

anyway, sampai di lammasaari, kami sudah terlanjur basah kuyup. trekking di tengah hutan kota dalam udara dingin dan gerimis yang masih terus turun. serunya, kami trekking diatas papan yang disusun rapih sepanjang jalan setapak yang disediakan. papan kayu tersebut membuat jalan kami nyaman. keren ya konsepnya? kalo gak pake papan kayu itu pasti kami sudah sering terjerumus di tanah basah deh.

kami lalu melewati rerumputan tinggi berwarna kuning kehijauan yang asri. kabarnya bila hari cerah kita bisa melihat berbagai jenis burung berterbangan disana. iya…lagi-lagi sangat disayangkan bahwa kami tiba setelah hujan dimana masih juga gerimis. tapi pemandangannya luar biasa sekali. satu sisi bisa terlihat pusat kota yang ramai dan satu sisi lagi pemandangan yang sangat alami.

Di sana juga ada bird-watching tower. pada hari cerah banyak para peneliti dan penggemar burung naik keatas dengan berbagai peralatannya dan menghabiskan waktu untuk mengamati dan meneliti. di salah satu bagian rerumputan adalah tempat berkumpulnya para hewan ternak seperti sapi atau kerbau Finlandia. ini adalah jenis hewan ternak yang sudah sangat langka. kabarnya harga daging hewan ini pun sangat mahal.

sayang sekali ya…saya gak sempat liat apa. tapi tentu tidak menyesal menghabiskan waktu untuk trekking dan menikmati alam lammasaari itu.

berikut website untuk mencari tahu lebih banyak: Lammasaari

This slideshow requires JavaScript.

Seurasaari

pada hari yang lain saya mampir ke Seurasaari. sebetulnya malam itu saya hanya diajak mengejar sunset yang indah di pinggiran kota Helsinki. entah kenapa Max malah mengajak melihat lebih banyak. dan sampailah kami di pulau Seurasaari ini.

pulau ini juga sebuah open-air museum yang memamerkan gaya hidup orang Finlandia. dari rumah lawas sampai berbagai hal yang menyangkut gaya hidup mereka.

kabarnya pulau ini ramai ketika perayaan Juhannus atau mid summer. disini akan ada api unggun dan juga tarian tradisionalnya. saya datang kesana 1 malam sebelum Juhannus dan sayangnya tidak mampir kesini ketika perayaan tersebut.

sebetulnya saya bisa melihat lebih banyak. tapi karena sampai sana sudah hampir tengah malam, meski masih terang, dan melihat medannya yang harus kembali jalan kaki menembus hutan kayu, saya urung menjelajah. tapi kalau ada kesempatan, tentu kunjungan ke pulau ini tidak akan saya lewatkan lagi.

This slideshow requires JavaScript.

lebih banyak tentang Seurasaari, ada disini: Seurasaari

Finnish Nature Center – Haltia

pada hari lainnya saya diajak ke Taman Nasional Nuuxio, sedikit keluar dari Helsinki kearah Espoo. disana kami berhenti di Haltia, Finnish Nature Center. tempat ini adalah museum alam Finlandia. kita bisa masuk ke museum dan melihat berbagai peraga tentang alam Finlandia yang asri atau juga menjelalah taman nasional yang luas.

kami pun memutuskan untuk menjelajah saya sekalian. ke haukkalampi, salah satu bagian dari taman nasional nuuxio ini.

This slideshow requires JavaScript.

info lain silakan ke web mereka ya: The Finnish Nature Center Haltia

Haukkalampi

kami berhenti di haukkalampi. lalu mulai berjalan ke dalam hutannya. hiiii…sebetulnya ngeri juga lho kalo dibayangin. kayak di film vampir eropa. hahahaha….kanan kiri pohon pinus tinggi-tinggi, suara burung-burung liar bersautan dan sepoi angin yang dingin diantara matahari yang keluar malu-malu. enaknya jalur untuk pejalan kaki sangat rata dan rapih. dengan sepatu yang pas, kami pun menjelajah sampai ke pinggir danau. memandangi keindahan alamnya.

di taman nasional ini banyak bisa ditemukan tanaman berry yang liar, berbagai jenis burung-burung termasuk yang langka. kalo mau, bisa juga kita menggelar bbq party di salah satu saung yang disediakan. tinggal bawa bahannya aja dari kota. camping pun boleh kok, dengan ijin kepada petugas penjaga taman nasional terlebih dahulu. dan gak usah takut ketemu beruang, karena tidak ada disini.

This slideshow requires JavaScript.

—-

sekian cerita petualangan alam saya selama di Finlandia. masih ada chapter lainnya.

semoga berkenanan untuk mengikuti terus 🙂

*to be continued

Advertisements