Let’s Plan A Trip Around The World: how i plan my trips :D


Around the world, anyone?  (source: internet)

Around the world, anyone?
(source: internet)

melihat gelagat saya yang ‘tampak’ sering traveling, beberapa orang teman keheranan. mereka pikir saya punya jatah cuti lebih dari 12 hari. lah…peraturan pemerintah kan diimplementasi di semua perusahaan. 12 hari setahun. dan sebagai seorang karyawan swasta, ya saya pun sama saja.

3 tahun terakhir, traveling alias jalan-jalan menjadi semacam kebutuhan buat saya. gak perlu saya jelaskan gimana sumpek dan suntuknya kalo hidup di jakarta terus kan? nah…disitulah kemudian hobi lama yang membuat saya memutuskan sekolah pariwisata itu muncul lagi. sebuah kebutuhan untuk lepas dari berbagai rutinitas, keluar dari kota besar dan mungkin menjelajah kota kecil atau sekedar melihat budaya baru. dan alhamdullilah….resolusi saya tiap tahun yang selalu ingin liburan minimal 4x dalam setahun, 3 tahun ini tercapai.

mungkin saya sebetulnya sudah memulai acara traveling ini jauh sebelum banyak orang sibuk upload foto wisata di social media. hahahaha…iya, dari jaman masih pake kameran ber-film tuh. dan sayangnya ketika social media merebak, nyaris semua foto perjalanan masa lampau saya sudah tiada akibat banjir besar Jakarta beberapa tahun silam. jadi gak bisa eksis deh :D.

seumur hidup ini saya sudah pernah ke Sumatera, keliling Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi. kalo mengingat Indonesia punya 5 pulau besar; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, ya jelas…banyak sekali yang sama belum datangi. dan ini tentu menyedihkan mengingat justru banyak rekan-rekan dari luar negeri yang bercerita mereka sudah keliling Indonesia.

dan yah…kini saya berniat untuk terus, sedikit demi sedikit mengunjungi tiap tempat menarik di Indonesia. keliling Indonesia ceritanya :D…pengennya sih sebelum umur 40 ya. tapi lalu gimana? saya cuma karyawan swasta yang kerja 8 jam sehari, 5 hari dalam seminggu, terima gaji tiap akhir bulan dan cuma punya 12 hari cuti tiap tahun yang harus dihabiskan sampai 6 setelah jatuh tempo cuti. hmm…..jujur….cuti itu buat saya gak cukup.

ada beberapa hal yang selalu mengawali sebuah perjalanan saya. coba saya tuliskan prosesnya ya…

  • memilih tujuan dan membuat list yang akan dikunjungi

saya punya sebuah list, daftar berisi tempat-tempat yang saya ingin kunjungi. beberapa di luar negeri meski sebagian besar di Indonesia. iya…saya sadar diri kok. untuk perjalanan luar negeri saat ini masih jauuuuhhh diawang-awang lah. saya belum setajir itu :p.

pada daftar tersebut, saya sortir kembali. saya susun dari yang terdekat dari lokasi saya sampai yang terjauh. ini memungkinkan saya untuk mengatur berapa hari yang harus saya siapkan untuk kesana.

plus saya jabarkan objek wisata apa saja yang sekiranya ingin saya kunjungi. saat itu biasanya saya memilih yang belum banyak dikunjungi orang atau belum banyak diekspos. tapi ya…tergantung dengan penelitian lanjutan perihal akses kesana sih. saya juga sadar diri…sudah gak semuda dulu lagi untuk asal ‘hajar’ aja πŸ˜€

  • memburu tiket promo

nah…ini bagian yang terheboh nih. saya selalu alhamdullilah nemu ada tiket promo. kalian tahu donk gimana jor-joran maskapai lokal untuk tebar promo sekarang? tiap bulan ada aja promonya. plus…mereka biasanya membukan promo sampai satu tahun ke depan. tentu ini membuat kita bisa merencanakan perjalanan lebih awal. memang… untuk sebagian orang itu mungkin sulit. tapi come on!! kalo kalian gak rencanakan, kalian gak akan kemana-mana. maka…impulsiflah!! :D…seperti saya :p

biasanya begitu ada promo…saya pun langsung cuss ke website bersangkutan. promo biasanya dibuka di 6 bulan pertama tahun itu untuk penerbangan mulai tengah tahun sampai akhir tahun atau bahkan sampai setengah tahun di tahun berikutnya. nah…hal ini memungkinkan kami merencanakan perjalanan setidaknya 6 bulan kedepan.

ada beberapa macam promo. buy 1 get 2, promo tiket Rp0, promo wiken dll. nah….hati-hati juga ya. kadang mind set kita udah bilang promo macam Rp0 itu artinya harganya 0…alias gak bayar sepeser pun. hahaha….gak bener itu! liat lagi komposisi harganya. harga tiket memang 0, tapi untuk tax, iuran, airport tax bahkan fuel surcharge tetap ada tuh. jadi sebetulnya…kita tetap membeli tiket dengan harga yang bisa 50% dibawah harga normal. itu aja sih…gak serta merta gratisan. emang yang punya pesawat bapakmu? :p

promo buy 1 get 2 lebih masuk akal. satu tiket bayar harga wajar dengan subsidi ke tiket kedua. dapet 2 tiket dengan harga 1 tiket normal. sebenernya sih 50% juga :D. tapi ya gitu…maskapai sekarang punya berbagai gimmick marketing untuk menjual tiket. terutama karena persaingan low cost airline sudah sangat ketat. maka sebelum mulai berburu tiket promo, coba pahami dulu ya. jangan sampai kecewa aja gitu.

oya, beli tiket promo biasanya hanya bisa dari website. nah…untuk itu kalian harus punya akun di web tersebut. gak ada salahnya punya akun di banyak website maskapai kok. kenapa nggak? isi data selengkap mungkin supaya ketika beneran mau berburu tiket promo, kamu sudah siap. ini akan menghemat waktu akses. karena ketika promo dibuka, website akan banjir pengunjung dan menyebabkan kemungkinan error karena flooding. plus….dengan punya akun, kalian akan selalu terima email info promo lho :D.

saya sih sudah punya akun di semuanya. ini memudahkan saya ketika memburu tiket promo. dan ya…tingkat keberhasilan saya memang diatas 70% sih :D.

  • memilih tanggal dan mengajukan cuti

hehehe….ini bagian penting nih. disinilah saya memanfaatkan waktu cuti 12 hari itu sebaik mungkin untuk punya 4x perjalanan setahun.

banyak orang Jakarta yang justru punya waktu liburan ketika high season, alias liburan anak sekolah, lebaran atau akhir tahun. nah….itu yang bikin cuti kalian jadi terhisap habis percuma. hehehehe…..

tapi mungkin bagi beberapa orang liburan sekali setahun cukup ya. saya tidak demikian. sesering mungkin saya keluar dari ibukota, semakin baik kinerja dan tubuh saya bekerja. ini serius lho! πŸ˜€

maka…saya sering memilih waktu-waktu yang tidak biasa. alias di luar masa liburan tersebut. ini tentu memudahkan dalam pemburuan tiket promo tadi. ingat…berburu tiket promo harus cepat. menghindari error atau time out yang membuat kita harus reload page dan kehilangan kursi yang kita incar tadi.

tips saja….kalo kamu mau liburan ke tujuan pantai, bulan April sampai akhir Oktober itu pas. ketika pantai sedang sangat bersahabat. paling pas ya peak summer alias juli ke agustus. iya…ini bulan liburan sekolah. tapi dengan perencanaan matang, kalian tetap bisa liburan saat peak dengan harga murah kok.

untuk tujuan perkotaan, kapan pun bisa. meski puncak musim hujan sebaiknya dihindari. karena di negeri ini, hal macam itu bisa menyebabkan kesulitan besar ketika traveling. misalnya kalau tetiba banjir di Jakarta :D.

saya biasanya memulai perjalanan di tengah minggu. hari rabu atau kamis paling pas. katakan kamu ingin ke belitung. untuk 4 hari 3 malam, kita bisa menikmati Belitung Barat sampe jungkir balik kok. malah…kalo berani bisa sampai Belitung Timur. 4 hari terhitung cuti jelas berat. dalam hitungan 12 hari setahun dan ingin 4x perjalanan, artinya kita cuma dijatahi 3 hari tiap perjalanan.

pada perjalanan Belitung saya tahun 2011, saya kalalu gak salah berangkat hari Rabu dan pulang Minggu. cuti terpakai cuma 3 hari lho. dan saya punya sisa 9 hari lagi tahun itu. asik kan?

terbang dengan tiket promo pada tengah minggu jauh lebih murah. iya…karena kalo terbangnya wiken, harga tiket malah kembali normal. trust me!

disitulah juga….saya mengakali cuti ini. 4x perjalanan setahun mah gampang atuh. hehehehe…..

  • riset dan riset….

do your research. saya bukan tipe orang yang malas untuk riset. kebetulan waktu kuliah travel planning, saya selalu dapet A. hehehehe….jadi urusan atur-atur rencana perjalanan ya mungkin saya lumayan gape deh.

setelah dapet tiket, tau kapan dan berapa hari saya pergi, saya pun mulai mengatur perjalanan. dari memilih penginapan, rute, objek kunjungan sampai yang terpenting budgeting. hmm…budgeting ini rada tricky, karena mengingat saya pelit πŸ˜€

use your google. buat apa ada google kalo gak dipake. cari info sebanyak-banyaknya. baca pengalaman perjalanan orang-orang sebelum kamu dari berbagai blog. meski itu objek wisata unik dan gak common pun, saya yakin setidak pernah ada 1 orang yang pernah kesana dan mencatatkan perjalanannya. rajin browsing aja.

kenapa membaca catatan perjalanan dari blog? karena pengalaman orang sifatnya lebih up to date. bersifat emosional dan lebih dalam. kalau artikel wisata itu udah pake bumbu dari editor. yang ditulis yang bagus-bagus aja soalnya.

use your communities forum. sekarang kan banyak tuh forum komunitas wisata. berbagi dan cari informasi disana lah. karena saya percaya, traveling is sharing. maka sesama penjelajah, kita harus saling berbagi informasi. banyak yang akan bantu kok kalo kamu cari info sesuatu. saya menemukan tukang ojek di Lombok itu dari forum kaskus lho :D.

saya pernah tanya sama temen yang sebelumnya nyebrang Bangsal ke Gili. dia bilang bayar boat Rp250K. tapi begitu saya baca blog orang cuma Rp10K aja. dan kejadian pas disana, saya cuma bayar Rp10K aja. pas sampe Jakarta, saya cerita ke temen saya tadi. dia shock berat. hahahahaha….itu karena dia lupa riset dan akhirnya dikerjain orang deh :p.

budgeting kamu juga akan terbantu dengan riset. kamu akan paham penginapan mana yang murah, akses perjalanan termudah dan termurah, kuliner murah dan lainnya. percayalah! uang berapa pun kamu bisa jalan-jalan. semua perihal pilihan yang tepat aja.

that’s it! cukup 4 aja ya :D….

semoga membantu ya….kalau ada yang mau ditambahin jangan ragu untuk komen dibawah ini. inti traveling adalah sharing…berbagi. maka, berbagilah! πŸ™‚

sampai jumpa di perjalanan selanjutnya :*

See the different? :D  (source: internet)

See the different? πŸ˜€
(source: internet)

